Selasa, tanggal 01 November 2016 pukul 10.00 Wita, bertempat di Ruang Sidang Utama diadakan rapat dinas bulanan. Rapat dibuka oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Limboto mewakili bapak Ketua Pengadilan Negeri Limboto yang sedang melaksanakan tugas dinas keluar negeri. Rapat kali ini dihadiri oleh para Hakim, Panitera, Sekretaris, para Panmud dan Kasubbag, serta pegawai dan honorer.

 

      












I. Penyampaian Laporan Hakim Pengawas Bidang masing-masing sebagai berikut :

1. Laporan Hakim Pengawas Bidang Pidana oleh Juply S. Pansariang, SH. MH

            Sebagai Hakim Pengawas Bidang Pidana telah melakukan Pemeriksaan dan pengawasan terhadap administrasi dan kinerja staf dengan hasil sebagai berikut :

  • Pengisian data perkara pada SIPP sudah berjalan cukup baik, tidak ada keterlambatan termasuk tilang dan perkara-perkara lain,
  • Register induk sudah terisi sampai dengan perkara terakhir yang diterima
  • Register pidana sudah berjalan cukup bagus.
  • Minutasi berkas perkara yang inkra sedang diusahakan secepatnya paling lambat besok sudah selesai dan diserahkan ke bagian Hukum.
  • Untuk pemberitahuan putusan menurut SOP paling lambat 1 hari telah selesai dilaksanakan tetapi kami memberikan kelonggaran paling lambat 3 hari
  • Rencana Pembuatan loket masih akan dibicarakan lebih lanjut
  • Sementara ini bagian pidana masih dalam pembenahan semoga kedepannya bisa lebih baik.

Pembahasan oleh Wakil Ketua : Pengisian data perkara pada SIPP dan register telah berjalan dengan baik kami harapkan bisa ditingkatkan lagi saling bekerja sama dengan Hakim Pengawas agar pelayanan publik bisa ditingkatkan lagi.

2. Laporan Hakim Pengawas Bidang Perdata oleh Juply S. Pansariang, SH. MH

Sebagai Hakim Pengawas Bidang Perdata telah melakukan Pemeriksaan dan pengawasan terhadap administrasi dan kinerja staf dengan hasil sebagai berikut :

  • Pengisian Register dan penginputan SIPP sudah berjalan 80 % sampai dengan perkara yang sedang berjalan
  • Eksekusi mulai berjalan, tetapi untuk menghindari berkas yang menumpuk maka berkas perkara yang sudah inkra akan diserahkan ke bagian hukum meskipun belum dieksekusi.

Pembahasan oleh Wakil Ketua : Sebagai Bentuk Pengawasan dan Pembinaan terhadap kinerja pegawai setiap bulan Hakim Pengawas Bidang melaporkan hasil pengawasan dan melakukan rapat internal dengan bagian yang diawasi untuk mengevaluasi hasil kerja selama 1 bulan. Untuk itu akan dibahas dalam rapat bulanan yang akan dilaksanakan setiap awal bulan di minggu pertama hari selasa. Kinerja pada bagian perdata cukup baik sesuai dengan yang diharapkan semoga bisa ditingkatkan lagi.

3. Laporan Hakim Pengawas Bidang Hukum oleh Irwan, SH.

            Sebagai Hakim Pengawas Bidang Hukum telah melakukan Pemeriksaan dan pengawasan terhadap administrasi dan kinerja staf dengan hasil sebagai berikut :

  • Penataan administrasi perkara sudah bekerja dengan baik
  • Penataan arsip berkas perkara sudah berjalan tapi masih agak lambat prosesnya
  • Berkas Pendaftaran CV belum di tata dengan baik arsipnya masih ada dalam dos seharusnya bisa di susun lebih rapi dalam folder

Pembahasan oleh Wakil Ketua : Penataan Administrasi perlu ditingkatkan dan diharapkan agar bagian hukum bisa lebih meningkatkan kinerjanya.

4. Laporan Hakim Pengawas Bidang Umum dan Keuangan oleh Patanuddin, SH. MH

            Sebagai Hakim Pengawas Bidang Umum dan Keuangan telah melakukan Pemeriksaan dan pengawasan terhadap administrasi dan kinerja staf dengan hasil sebagai berikut :

  • Sumber Daya Manusia pada bagian Keuangan sudah mandiri
  • Realisasi Anggaran sampai saat ini mencapai 75 %
  • Pertanggung jawaban keuangan yang berhubungan dengan Ketua ada mungkin bisa segera diselesaikan sebelum Ketua Pindah.
  • Pada Bagian Umum pekerjaan sangat banyak namun staf hanya 1 orang sehingga masih ada beberapa pekerjaan yang mungkin terlupakan contohnya Daftar Inventaris Ruangan mungkin bisa segera disesuaikan dengan barang-barang yang ada dalam ruangan
  • Barang-barang hasil bongkaran akan segera diadakan pelelangan
  • Perpustakaan sudah ada petugas yang ditunjuk diharapkan dapat menyelesaikan tugas dengan baik
  • Pada bagian umum masih kekurangan staf

Pembahasan oleh Wakil Ketua : Proses Pelelangan dan Penghapusan barang inventaris termasuk mobil dinas agar bisa segera dilaksanakan agar bisa meningkatkan fasilitas kerja dan pada bagian keuangan diberi perhatian khusus agar bisa mencapai target sampai akhir tahun.

5. Laporan Hakim Pengawas Bidang Kepegawaian, Organisasi dan Tata Laksana olehI Made Sudiarta, SH. MH

            Sebagai Hakim Pengawas Bidang Kepegawaian, Organisasi dan Tata Laksana telah melakukan Pemeriksaan dan pengawasan terhadap administrasi dan kinerja staf dengan hasil sebagai  berikut :

  • Pada Bagian Kepegawaian tidak ada kendala yang berarti hanya saja diharapkan agar penulisan nama pada absen menggunakan huruf besar agar mudah dibaca dan diharapkan meja absen bisa segera diganti karena sudah mulai rusak.

6. Laporan Hakim Pengawas Bidang Perencanaan, TI dan Pelaporan olehI Made Sudiarta, SH. MH

            Sebagai Hakim Pengawas Bidang Perencanaan, TI dan Pelaporan telah melakukan Pemeriksaan dan pengawasan terhadap administrasi dan kinerja staf dengan hasil sebagai  berikut :

  • Aplikasi Surat Masuk dan surat keluar telah berjalan namun belum maksimal, maka dari itu dengan diadakannya presentasi pada kesempatan ini diharapkan aplikasi ini bisa dilaksanakan dengan baik tujuannya agar bisa mengarsipkan data fisik surat dan data digital sehingga memudahkan dalam mencari surat yang masuk.
  • Untuk dapat memperbaharui tampilan dan data pada web site Pengadilan Negeri Limboto diharapkan agar jadwal sidang dapat di isi dengan baik oleh petugas agar bisa diupdate setiap saat.
  • Pada bagian Perencanaan,TI dan Pelaporan akan terus berupaya untuk menciptakan inovasi-inovasi kedepannya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

II. Presentasi Penggunaan Aplikasi Surat Masuk oleh Kasubbag Perencanaan, TI dan pelaporan

Dalam Sistem Informasi Pengadilan Negeri Limboto atau yang lebih dikenal dengan Si Limbo terdapat 3 aplikasi yang dapat kita gunakan yaitu :

1. Aplikasi Surat Masuk dan Surat Keluar

2. Aplikasi Arsip Berkas Perkara

3. Aplikasi Perpustakaan

Pada Rapat kali ini akan disampaikan cara menggunakan aplikasi Surat Masuk Keluar sebagi berikut:

  1. membuka Si Limbo secara online dengan mengetik 192.168.10.27/Silimbo
  2. setelah masuk mengisi username dan password masing-masing bagian
  3. karena alur surat masuk bermuara di bagian umum jadi input surat di mulai dari bagian umum. Sebelum mengisi surat masuk terlebih dahulu mengisi kode lemari dan file odner kemudian masukkan isi surat. Setelah bagian umum selesai menginput surat maka bagian lain sudah dapat mengklasifikasikan jenis surat sesuai bagian masing-masing dengan cara yang sama seperti pada bagian umum.
  4. Tujuan dari pembuatan aplikasi ini untuk memudahkan pencarian arsip surat yaitu hanya dengan memasukkan nomor registrasi surat, sudah bisa langsung ditemukan tempat penyimpanannya.

Pembahasan oleh Wakil Ketua :

Diharapkan kita semua bisa belajar bersama-sama untuk sesuatu yang lebih maju, dengan adanya aplikasi ini diharapkan bisa memudahkan pekerjaan kita dalam mencari surat masuk, arsip perkara atupun buku perpustakaan. Untuk itu kepada Bagian Perencanaan dan Bagian Umum agar mempersiapkan waktu dan tempat untuk menjelaskan lebih lanjut kepada bagian-bagian agar lebih dipahami tentang cara menggunakan aplikasi tersebut. Apabila ada kekurangan dan masukkannya sehubungan dengan perkembangan aplikasi ini bisa disampaikan pada bagian Perencanaan. Harapan saya bisa dibuatkan aplikasi mengenai pemberitahuan perpanjangan penahanan agar bisa tepat waktu.

Setelah pemaparan mengenai aplikasi surat masuk dan surat keluar, maka dilanjutkan dengan agenda masukan dan saran dari seluruh pegawai yang tentunya berguna bagi perbaikan dan kemajuan Pengadilan Negeri Limboto. 

Acara ditutup dengan pembacaan Doa yang dipimpin oleh Kasubbag Umum dan Keuangan.

 

 




Berita diupload oleh Marini pada tanggal 2016-11-01