Rabu, 27 April 2016, Ibu Ketua Pengadilan Tinggi Gorontalo Hj. IRAMA CHANDRA ILJA, SH., MH. beserta Tim Pembinaan Pengadilan Tinggi Gorontalo mengadakan kunjungan kerja ke Pengadilan Negeri Limboto. Kunjungan kerja ini dalam rangka Pembinaan serta Sosialisasi Akreditasi Penjaminan Mutu (Asistensi Akreditasi Pengadilan). 

Tujuan utama dari pembinaan yang dilaksanakan kali ini salah satunya adalah untuk memberikan motivasi, arahan dan bimbingan serta mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan substansi pemeriksaan rutin yang akan dilaksanakan oleh Pengadilan Tinggi Gorontalo pada bulan Mei mendatang. Dalam kesempatan itu Ibu Ketua Pengadilan Tinggi Gorontalo Hj. IRAMA CHANDRA ILJA, SH., MH. mengingatkan kembali tentang Visi dan Misi Mahkamah Agung RI yaitu Visi Mahkamah Agung RI “ Terwujudnya Badan Peradilan Indonesia yang Agung”. Dimana untuk mencapai Visi dan misi tersebut Mahkamah Agung diantaranya telah mengeluarkan Cetak biru Pembaruan Peradilan 2010-2035 yang menjadi pedoman dan arahan Badan peradilan dibawahnya dan untuk diimplementasikan demi terwujudnya Badan Peradilan Indonesia yang Agung

Setelah pembinaan dari Ibu Ketua Pengadilan Tinggi serta Hakim Tinggi lainnya, dilanjutkan dengan sosialisasi Akreditasi Penjaminan Mutu (Asistensi Akreditasi Pengadilan) oleh Bapak Tamto, SH., MH. Dan Bapak Wurianto, SH selaku Tim Asistensi Akreditasi Penjaminan Mutu di wilayah Pengadilan Tinggi Gorontalo. Dalam penjelasannya Tim Asistensi menjelaskan bahwa Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum telah membentuk Tim Akreditasi Internal dengan Surat Keputusan nomor. 1639/DJU/SK/OT01.1/9/2015 untuk melalukan penilaian dan penjaminan mutu pada Pengadilan Negeri dan Pengadilan tinggi seluruh Indonesia sesuai standar sertifikasi ISO 9001 : 2008. Tujuan Akreditasi Penjaminan Mutu ini adalah untuk mewujudkan Performa/Kinerja Peradilan Indonesia Yang Unggul/Prima (Indonesia Court Performance Excellent –ICPE), dimana ICPE dapat dicapai melalui : 1. Evaluasi Diri (Self Evaluation), 2. Akreditasi (Acreditation), 3. Sertifikasi (Certification).

Pengadilan Negeri Limboto diharapkan mempersiapkan diri dalam menghadapi Akreditasi Penjaminan Mutu ini sehingga bisa mencapai nilai yang terbaik. Dalam hal ini, Pengadilan Negeri Limboto berkeinginan untuk mendapat Akreditasi dengan nilai A, memang tidak mudah untuk mencapainya karena untuk mendapatkan Akreditas dengan nilai A diperlukan kreteria penilaian yang terdiri dari : 1. Leadership, 2. Strategic Planning, 3. Customer Focus, 4. Document System, 5. Resource Management, 6. Process Management, 7. Performance Results. Oleh karena itu, untuk mencapainya diperlukan kerja sama dan peran aktif seluruh warga Pengadilan Negeri Limboto dalam memperbaiki dan meningkatakan kinerja, merubah pola fikir dan kualitas pelayanan publik baik pelayanan berupa administrasi maupun fisik dan keadaan sarana dan prasarana.




Berita diupload oleh admin pada tanggal 2016-05-30